Sabtu, 29 Januari 2011

ANALISIS BANGUNAN PUBLIK DI CIKARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ADVOKASI



Kritik Advokasi yaitu : metode kritik dalam arsitektur yang memberikan sekadar anjuran yang mencoba bekerja dengan penjelasan lebih terperinci yang kadangkala juga banyak hal yang terlupakan.

Objek yang akan dianalisis adalah Mall Lippo Cikarang

Mall Lippo Cikarang merupakan salah satu pusat pembelanjaan yang terletak di daerah Cikarang. Mall ini adalah mall atau pusat pembelanjaan pertama yang berdiri di cikarang sebagai fasiltas pendukung perumahan lippo cikarang yang notebannya adalah kota industri yang sedang berkembang. Tempat ini merupakan salah satu tempat tujuan berbelanja bagi masyarakat Cikarang, dan tempat Hang Out bagi para remaja, dengan macam-macam fasilatas didalamnya terdapat Main Store, seperti : Matahari Department Store, Toko Buku Gunung Agung, Carefour, Food Court, Bioskop 21, Timezone, KFC, Mc Donald's, Dunkin's Donuts, dsb, yang dijadikan tempat untuk berbelanja, entertainment, ataupun sekedar jalan-jalan.

Mall Lippo Cikarang secara arsitektural ( fasad bangunan)

Menurut saya, Fasad bangunan Mall Lippo Cikarang terlihat masih monoton karena kesan modern minimalis yang ada tidak terlalu menarik, sama dengan bangunan komersil lainnya yang memakai sebagian besar material kaca sebagai dinding. Permainan fasad dan warna bangunan masih terkesan biasa-biasa saja, perlu diolah lagi sedemikian rupa sehingga memberi kesan bangunan yang memperlihatkan nilai jual tinggi sebagai citra dari perumahan elit lippo cikarang dan focal point di sekelilingnya agar dapat menarik warga sekitar untuk dating dan berbelanja.

Mall Lippo Cikarang secara arsitektural ( landskape)

Landscape pada Mall Lippo Cikarang juga kurang terlihat menarik karena sebagian besar lanskape yang ada di pergunakan sebagai parkir mobil di bagian depan bangunan. Walaupun vegetasi yang ada cukup tapi membuat fasad bangunan tidak terlihat dengan jelas dari jalan (bangunan dapat dilihat dengan jelas pada jarak tidak lebih dari 500m dari jalan). Entrance ke bangunan juga hanya diperlihatkan dengan adanya air mancur di bagian depan bangunan. Seharusnya landscape bisa diolah lagi sebagai taman sehingga bisa dinikmati keindahannya oleh pengunjung yang datang bukan digunakan sebagi tempat parkir saja , karena pada dasarnya sudah di sediakan pakir di bagian belakang bangunan.

Lokasi Mall Lippo Cikarang

Bangunan Mall lippo Cikarang terletak di dalam kawasan perumahan elit lippo cikarang sehingga cukup jauh dari jalan raya utama, namun ini tidak menjadi masalah yang besar karena di dukung dengan prasarana jalan kawasan yang cukup besar dan adanya angkot yang langsung menuju Mall Lippo Cikarang sehingga warga daerah lain seperti Lemahabang, Jababeka, Serang, Cibarusah dapat mudah mencapai lokasi tersebut.

Kesimpulan :

Mall Lippo Cikarang seharusnya dapat menjadi acuan dan inspirasi untuk mall-mall yang ada di cikarang seperti CTC (cikarang trade center), Plaza JB, SGC (sentral grosir cikarang). Dengan konsep yang matang Mall Lippo Cikarang dapat menjadi Icon bagi kota cikarang yang notabennya adalah kota berkembang yang lagi gencar-gencarnya pembangunan fasilitas kota sehingga dapat mengangkat citra kota cikarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar