Sabtu, 30 April 2011

KONSERVASI CAGAR BANGUNAN



KONSERVASI

Memelihara dan melindungi tempat-tempat yamg indah dan berharga, agar tidak hancur atau berubah sampai batas-batas yang wajar. Menekankan pada penggunaan kembali bangunan lama, agar tidak terlantar. Apakah dengan menghidupkan kembali fungsi lama, ataukah dengan mengubah fungsi bangunan lama dengan fungsi baru yang dibutuhkan. Upaya perlindungan terhadap benda-benda cagar budaya yang dilakukan secara langsung dengan cara membersihkan, memelihara, memperbaiki, baik secara fisik maupun khemis secara langsung dari pengaruh berbagai faktor lingkungan yang merusak.
Perlindungan benda-benda (dalam hal ini benda-benda peninggalan sejarah dan purbakala) dari kerusakan yang diakibatkan oleh alam, kimiawi dan mikro organisme.

Beberapa bangunan cagar budaya yang ada di Surabaya sendiri antara lain Balai Pemuda Surabaya, House Of Sampoerna, eks Penara Kalisosok dan lain-lain. Balai pemuda merupakan salah satu gedung bekas milik Belanda yang dahulu pada masa penjajahan sering digunakan sebagai gedung pertunjukan dan tempat berkumpulnya orang - orang Belanda. Gedung yang terletak di Jl. Gubernur Suryo ini merupakan salah satu gedung yang hingga kini masih sering digunakan dan tergolong sebagai gedung serbaguna. Meski jaman telah berganti, Balai Pemuda tetap dilestarikan sebagai aset sejarah kota Surabaya dan sering sekali dikunjungi warga sebagai tempat untuk mempertunjukkan kebolehannya.



Sementara bangunan House of Sampoerna telah menjadi saksi bisu sejarah berdirinya pabrik rokok terbesar di Surabaya. Pada mulanya bangunan ini dibangun dengan tujuan menjadi gedung pertunjukan dan beralih fungsi menjadi pabrik rokok. House of Sampoerna terletak di Surabaya Utara. Bangunan ini selain menjadi pabrik rokok, kini telah beralih fungsi menjadi Museum dan kita dapat menyaksikan kisah dan kesuksesan Sampoerna. Bahkan kita dapat menyaksikan secara langsung kegiatan produksi rokok yang ada di dalam museum. Selain menjadi sebuah Museum, di area bangunan ini sekarang telah dilengkapi kafe sehingga kita dapat sedikit melepas lelah dengan bersantai di kafe.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar